Strategi Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Moderasi Beragama di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan pendidikan Islam berbasis moderasi beragama di Indonesia sebagai respons terhadap kebutuhan akan pendidikan yang mampu membentuk generasi religius, toleran, dan inklusif dalam kehidupan berbangsa. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan pendidikan moderat telah diimplementasikan melalui penguatan kurikulum, pelatihan guru, pembentukan budaya sekolah yang inklusif, serta pelibatan masyarakat. Meskipun demikian, implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan pemahaman tenaga pendidik, resistensi sosial, dan ketimpangan akses pelatihan. Oleh karena itu, pengembangan pendidikan Islam yang berbasis moderasi harus dilakukan secara sistematis, menyeluruh, dan melibatkan berbagai pihak secara berkelanjutan. Nilai-nilai wasathiyah sebagai inti dari moderasi beragama perlu diintegrasikan tidak hanya dalam aspek kognitif, tetapi juga dalam praktik pendidikan yang membentuk karakter dan sikap siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AT-TAKILLAH : Jurnal Pendidikan dan Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








