Tinjauan Sosiolinguistik Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Arab
Keywords:
Sosiolinguistik, Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran BahasaAbstract
Banyak sekolah atau lembaga pendidikan khususnya yang bernuansa Islam menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang diutamakan untuk dikuasai oleh siswanya. Tugas pengajar selanjutnya adalah bagaimana bahasa Arab yang dipelajari dapat diterima dan dikuasai tetapi juga selaras dengan budaya penutur asli bahasa Arab itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena historis pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Studi pustaka berupaya untuk menghimpun sejumlah informasi dari sumber pustaka berupa dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sosiolinguistik dapat mempelajari berbagai bahasa dari sudut pandang pengguna. Penelitian ini dibatasi pada analisis historis dokumen pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Penelitian ini memungkinkan penelitian lebih lanjut yang mengeksplorasi pemanfaatan sosiolinguistik sebagai kajian proses pembelajaran bahasa Arab.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JELIM : Journal of Education, Language, Social and Management

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






