Inovasi Kurikulum di Madrasah: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Abad 21

Authors

  • Andi Mustafha Husain Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi kurikulum di madrasah dalam menjawab tantangan pendidikan Islam abad ke-21. Inovasi kurikulum di madrasah menjadi sangat relevan dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi yang mempengaruhi dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di beberapa madrasah yang telah menerapkan kurikulum inovatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kurikulum inovatif di madrasah meliputi perubahan dalam struktur kurikulum, metodologi pengajaran, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, inovasi kurikulum telah membawa dampak positif, yaitu peningkatan keterampilan abad ke-21 pada siswa, penguatan nilai-nilai agama, serta peningkatan akses terhadap pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi kurikulum di madrasah penting untuk menjawab tantangan pendidikan Islam di abad ke-21, dan perlu dukungan lebih lanjut dari berbagai pihak untuk mengatasi tantangan yang ada.

Downloads

Published

2025-05-14

Issue

Section

Articles